14 November 2008

Mati di tangan Kujang

Posted in Not Out Of Topic tagged , pada 10:43 am oleh yudios

Kali ini saja tidak berpantun, jadi tulisan ini keluar dari kategori pantun (melayu). Kali ini saya membuat puisi atau apa atau apalah namanya. Saya beri judul “Mati di tangan kujang”. Awalnya saya ingin membuat puisi atau apa atau apalah ini menjadi pantun berkisah, sama seperti pantun Bidadari mimpi yang rencananya saya buat bersambung itu. Tapi nantilah, saya lihat lihat dulu. jadi inilah puisi atau apa atau apalah itu:

.

MATI DI TANGAN KUJANG

.

Mana Kujang bujang karengkang
Padanyalah kukandung semua dosa
Suaranya lantang memecah malam
Sesaat itu juga udara dingin menusuk sukma

Orang sekampung melingkari tanah
Di sana berdiri laksamana tua
Panah diagak ke arah tengah
Tepat mengarah ke dua mata

Keluar kunjang dari singasananya
Mengusung pedang panjang sepinggang
Mata kujang tertuju pada satu arah
Itulah musuh yang harus dibunuhnya

Pedang terarah lurus kokoh ke langit
Amarah dan dendam meyatu tiada tara
Petir menyambar simpang menyimpang
Serentak gagak memekik suara

Melangkah kujang tiga langkah
Berlari si tua menghampirinya
Panah melayang silang menyilang
Lentingan pedang tebarkan darah
Tumbang si tua di depan kujang
Tubuhnya penuh luka dan darah
Tiada ragu kujang menebas kepalanya
Terjerebablah si tua membujur tanah

Menyesal si tua beranak kujang
Lebih baik ia mati diwaktu muda
Tangan kanan kujang menampar muka
Tangan kiri kujang menikam rahim
Dua kakinya menginjak dua kepala
Lengkap sudah penderitaannya
Kujang menjilat darah bapaknya

22 Komentar »

  1. en_me said,

    makaseh ya mas, sudi mampir nang blog me yg itteww..

  2. alfahmi said,

    kujang membawa pedang yang terhunus tajam
    melangkah dalam kegelapan malam
    tanpa baju dan juga kutang
    akhirnya roboh juga itu kijang

    hahaha…

    salut mas, karya yang bagus, kalah punya saya yang di atas😀

  3. Artha said,

    wah puisi yach saya kok kagak bisa bikin puisi yach

  4. Menikmati

  5. doelsoehono said,

    Salam …

    kujang begadang setiap malam
    mulut merokok gudang garam
    dia selalu jaga malam
    mata melotot terbayang -bayang
    memikirkan adanya si sayang

    ……eeeee…gak nyambung ya
    makasih sudah berkunjung semoga menambah sahabat

  6. kucingkeren said,

    duhh sepertinya banyak darah berceceran di mana-mana

  7. langitjiwa said,

    Sungguh,membaca kata-katamu ini.
    Terhempas aku oleh gelombang Rasa di dalam kata-katanya..
    Dahsyat!
    Terus Berkarya.

  8. yadi said,

    kunjungi balik z nih dulu mas, met berkarya z deh slam

  9. nAsruni said,

    Pernah coba bikin cerpen yud?

  10. Risa said,

    ikut berkunjung dan salam kenal ya mas….bagus syair-nya…good !

  11. juliach said,

    Apa artinya “kujang”?

  12. Panda said,

    keren, tapi ga ngeh arahnya kemana nih ?

  13. SagaraJiwa said,

    Waduh mas ! pie to mas ! Seperti da prtempuran yg sgt hebat !
    mang mas terinspirasi ma siapa?

  14. Nin said,

    Wah… ini puisi tentang pembunuhan yah?😉

  15. wi3nd said,

    kujan9= kijan9 kah?

  16. fahri said,

    puisi bertutur yah, kisah kujang tuh baru denger aq… sadis bener kayaknya. salam kenal yah, mapir juga ke ‘pondokqu’ aq ya…

  17. dedhycahyadi said,

    Assalamu alaikum mas…..
    wah keren banget puisinya….
    mas… aq udah pasang link mas di blog aq….
    aq tunggu link baliknya yah mas…
    by http://bendeddy.wordpress.com

  18. Dedhy Kasamuddin said,

    Assalamu alaikum mas…
    aq udah pasang link mas di blog aq..
    aq tunggu link baliknya yah mas….
    by http://bendeddy.wordpress.com

  19. Ohh…. iya, ikuti aja petunjuknya pasti km akan berhasil membuat banner walaupun tanpa aplikasi seperti photoshop
    dan terima kasih udah mampir di blog aq….😀
    mas mo nanya dikit nih… kenapa link aq blum di pasang di blog mas… hehehe…😀 padahal aq udah pasang link mas diblog aq…
    sebelumnya aq ucapkan banyak trima kasih by http://bendeddy.wordpress.com

  20. zzeed said,

    gemar berpantun dan berpuisi ya

  21. Anak durhaka tuh si Kujang..
    Tapi kok milih nama kujang bung? Mirip nama senjata khas sunda??

  22. Malem bung Yudios Hirata
    ehehe


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: