31 Agustus 2008

Makhluk Misterius

Posted in Not Out Of Topic tagged , , pada 1:52 pm oleh yudios

Tidak bisa kita pungkiri, walaupun kita ini adalah makhluk sosial yang suka ceplas-ceplos dan ngomong nggak karuan, kita ini juga merupakan makhluk yang individualis dan suka menyendiri. Jika kita sedang sedih, adakalanya kita lebih menginginkan menyendiri, menangis, merenung, curhat di buku diary atau ke komputer. Tidak boleh ada ganguan, waktu ini merupakan waktu gue banget. Tidak ada satu-orang pun yang boleh mengganggunya, bahkan oleh SMS sekalipun. Dengan mengurung diri seperti ini, kita terkadang merasakan ada sebuah ketenangan batin yang luar biasa.

Kita merenung, curhat ke buku diary atau ke komputer dengan cara membuat dokumen “curhatku.doc” atau “hariku hancur.doc” atau “minggu yang kelabu.doc”. Kita menuliskan semua uneg-uneg kita ke dalam dokumen tersebut. Tidak mau tahu sepanjang apa tulisan tersebut dibuat, yang penting semua uneg-unet tersalurkan dan perasaan hati bisa kembali menjadi lega.

Nah, setelah hati dan perasaan sudah lega, biasanya kita akan menyimpan file yang telah kita buat itu agar kelegaan hati bisa menjadi bertambah. Kita menyimpannya di tempat yang aman agar tidak dibaca oleh orang lain (Bahkan oleh istri atau suami bagi mereka yang telah menikah). File itu adalah file pribadi kita. Jika kita ingin membacanya kembali atau mengevaluasinya, kita tinggal membukanya kembali. Biasanya kita menyembunyikannya dengan cara meng-hidden dokumen tersebut beserta dengan foldernya secara hidden biasa. [Propertis,hidden, tools, folder option, view, don’t show hidden files and folders].

Nah, berhubungan dengan hal mensembunyikan file atau folder, saya punya trik tersendiri. Di sini akan saya beberkan cara saya meyembunyikan folder atau file saya di hardisk. Ini inti dari tulisan saya yang panjang lebar di atas.

Menyembunyikan file atau folder yang aman yang sering saya lakukan adalah dengan cara membuatnya superhidden. Jika file atau folder telah di set dalam bentuk superhidden, maka file tersebut tidak akan bisa dilihat di dalam hardisk dan tidak bisa diakses oleh orang lain selain kita sendiri yang tahu nama dokumen atau folder tersebut. Caranya adalah sebagai berikut:

Menyembunyikan folder:

  • Buat sebuah folder yang akan disembunyikan di drive d atau e atau f dengan nama terserah kamu, tetapi harus satu kata. maksud saya, tidak boleh ada spasi di dalam nama folder tersebut,misal: newFolder, FolderPribadiKu,dll. Dalam tutorial ini saya menggunakan nama “FolderPribadiKu“.

  • Sekarang folder tersebut memiliki alamat [ E:\FolderPribadiKu ].

  • Klik start >> Run… untuk membuka kotak dialog run.

  • Di dalam kotak dialog run, tulis “cmd” (tanpa tanda kutip). Maka akan muncul kotak dialog yang memiliki nama “C:windows\system32\cmd.exe

  • Pada barisan paling bawah di dalam cmd tersebut ada tulisan [C:\Documents and settings\yudios>],

  • Ketik [ d:]di ujung baris tersebut, jadinya seperti ini: [ C:\Documents and settings\yudios>d:], kemudian tekan Enter.

  • Ketik: [attrib +s +h FolderPribadiKu]. Tampilannya seperti ini [D:\>attrib +s +h FolderPribadiKu], kemudian tekan Enter.

  • Nah sekarang folder pribadumu sudah disembunyikan, hanya kamu yang bisa membukanya karena hanya kamu yang tahu nama folder tersebut. Nama folder tersebut bisa dikatakan kata sandi untuk mengakses folder pribadimu.

  • Jika kamu ingin memunculkannya kembali, ketik ini: [attrib -s -h folderpribadiku], tampilannya menjadi seperti ini:[D:\>attrib -s -h FolderPribadiKu], kemudian tekan Enter.

Menyembunyikan file:

  • Caranya sama, misal kita akan menyembunyikan file: seninkelabu.doc ( tidak harus file dokumen, file gambar juga bisa kok.)

  • Maka, kamu mengetiknya seperti ini: [ attrib +s +h seninkelabu.doc ] tampilan penuh satu barisnya adalah [D:\>attrib +s +h seninkelabu.doc]

  • Untuk menampilkannya kembali, ketik[ attrib +s +h seninkelabu.doc ] tampilan penuh satu barisnya adalah [D:\>attrib -s -h seninkelabu.doc]

Setelah menghidden folder atau file, sebainya kamu menutup windows explore-mu agar proses hiddenya lebih optimal. Mudah bukan?!.

Semoga cara ini bisa membantu mensembunyikan pribadimu yang penuh dengan rahasia dan misteri itu. Yud

1 Komentar »

  1. mau tanya.
    apakah filenya bisa di cari dengan mengunakan fungsi serach..
    iclude hiden file all type?

    hheheh kalo bisa kan takut juga tuh file file terlarang ketahuan teman

    Yudios,🙂 nggak ngerti. Sepertinya nggak. karena ini adalah Super Hidden. Cara ini cukup efektif bagi saya untuk menyembunyikan file saya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: